Kamis, 14 Juli 2011

Pemerintah Plin-Plan Soal Transformasi

Jadi apa yang
benar-benar semua tentang? Laporan berikut termasuk beberapa informasi menarik tentang
- info bisa anda gunakan, bukan hanya barang lama yang mereka gunakan untuk memberitahu Anda.
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dinilai plin-plan dalam menyatakan persetujuannya mengenai proses transformasi menyeluruh terhadap empat BUMN yang selama ini mengerjakan program jaminan sosial. Anggota Pansus RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RUU BPJS) Rieke Diah Pitaloka mengatakan penjelasan pemerintah sebelumnya mengindikasikan persetujuan terhadap proses transformasi.

Namun, pemerintah tak berani menegaskan persetujuan tersebut. "Iya, plin-plan. Niru presidennya kali. Sekarang bilang menolak transformasi padahal draf-draf yang diajukan mengarah ke transformasi," ungkapnya di Gedung DPR RI, Kamis (14/7/2011) malam.

Dalam rapat kerja Pansus RUU BPJS dan pemerintah malam ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana danSekjend Kementerian Keuangan Mulia Nasution enggan menegaskan persetujuannya pada poin (g ) Laporan Panitia Kerja RUU BPJS DPR RI.

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang sudah Anda ketahui tentang
? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan paragraf yang tersisa?

Poin berjudul "Bab mengenai Ketentuan Peralihan dan Ketentuan Penutup" tersebut mencantumkan bahwa pada rapat kerja 25 Mei lalu, pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan telah sepakat dengan Pansus RUU BPJS bahwa akan terjadi transformasi menyeluruh terhadap empat BUMN, yaitu PT Jamsostek, PT Askes, PT Taspen dan PT Asabri akan dilebur (transformasi) dalam satu BPJS, meliputi program, peserta, aset, karyawan dan kelembagaan.

"Butir (g) kami butuh skors. Kami akan konsolidasi terlebih dulu. Sementara poin lainnya, kami sudah setuju," kata Armida.Pernyataan ini keluar darinya setelah anggota Pansus RUU BPJS berulang kali menginterupsi penjelasan Sekjen Kemenkeu yang dinilai berputar-putar dan tidak menjawab pertanyaan utama yang dilemparkan dewan.

Sebelumnya, Armida menyatakan bahwa pemerintah pada prinsipnya mendukung transformasi. Namun, ada delapan prinsip transformasi yang diajukan oleh pemerintah dan berharap agar prinsip-prinsip tersebut dimasukkan sebagai acuan dalam pembahasan oleh pembahasan RUU BPJS ke depannya.

Malam ini, pemerintah dan Pansus RUU BPJS menggelar rapat kerja untuk melakukan pembahasan sejumlah poin dalam RUU BPJS yang belum juga mencapai kesepakatan. Dalam rapat kerja malam ini, persoalan transformasi empat BUMN ke dalam satu BPJS menjadi perhatian utama. Pemerintah berharap meski ada transformasi dan peleburan, keempat BUMN yang ada tetap beroperasi dan menyelenggarakan program jaminan sosial seperti biasanya.

Pertanggungan ini artikel informasi adalah sebagai lengkap dapat hari ini. Tapi kau selalu harus meninggalkan terbuka kemungkinan bahwa penelitian di masa depan dapat mengungkap fakta-fakta baru.

Tidak ada komentar: