Kamis, 28 April 2011

"Kompas" Raih Perunggu di Asia Media Award

Dalam dunia sekarang ini, tampaknya hampir semua topik terbuka untuk diperdebatkan. Sementara aku sedang mengumpulkan fakta untuk artikel ini, saya cukup terkejut menemukan beberapa masalah yang saya pikir diselesaikan sebenarnya masih dibicarakan secara terbuka.
BANGKOK, KOMPAS.com " Duafotografer harian Kompas, Raditya Helabumi dan Lucky Pransiska, meraih penghargaanInternasional Asia Media Award 2011. Keduanya meraih perunggu. Penganugerahanitu dilakukan dalam acara makan malam yang dihadiri oleh Perdana Menteri ThailandAbhisit Vejjajiva, yang begitu menyampaikan sambutan lalu meninggalkan tempat dilangsungkannya acara itu.

Penghargaan diterima Redaktur Pelaksana Kompas Budiman Tanuredjo dariCo-Chairman Thomas Jakob dan Chairman WAN-IFRA Pitchai Chuensuksawadi.  Sejumlah pemimpin redaksi dan penerbit se-Asia Pasifik hadir dalamkonferensi tahunan itu.

Pemberian hadiah ditandai kesemrawutan dalam penyebutannama pemenang. Slide di layar berbeda dengan yang diumumkan sehinggapelaksanaan penganugerahan agak semrawut.

Untuk desain halaman satu, emasdiraih Banjarmasin Post dalam lingkungan Kelompok Kompas Gramedia.

Kadang-kadang aspek yang paling penting dari subjek tidak segera jelas. Jauhkan membaca untuk mendapatkan gambaran yang lengkap.

Bagi AgungAdiprasetyo, keikutsertaan fotografer Kompas ataupun wartawan foto di Indonesiadalam event internasional sekaligus untuk mengukur standardisasi kemampuanwartawan Indonesia dan juga pers Indonesia dalam persaingan media se-Asia Pasifik.

Raditya ikut dalam karya foto pertandingan sepak bola antara PersibaBalikpapan melawan Persela Lamongan yang dimuat harian Kompas edisi 5 Maret 2010. Sementara karya foto Lucky Pransiska menggambarkan kesedihan penduduk Kepulauan Mentawaiyang tersapu tsunami untuk katagori foto berita. Karya Lucky Pransiska dimuatdalam display foto Kompas edisi 30 Oktober 2010.

Dalam Asia Media Award 2010,Kompas meraih penghargaan emas untuk desain halaman satu. Sementara untuk tahun2011, desain halaman satu terbaik diraih Banjarmasin Post yang juga berada dibawah naungan KelompokKompas Gramedia.

Selain untuk karya foto, Media Award 2011 jugamelombakan desain terbaik surat kabar dan majalah, infografik terbaik untuksurat kabar dan majalah, serta kualitas percetakan.

Sementara di ajang AsianDigital Media Award 2010, Kompas meraih perak untuk Kompas Editors' Choice foriPad, meraih perak untuk Best in Cross Media Award untuk Kompas Jelajah Musi2010, serta perak juga untuk Best in Digital Content Award untuk User Generated Content untuk Kompasiana.com.

Adapun Publish Asia 2011 adalah acara seminar gunamembahas perkembangan media massa seiring dengan kian tumbuhnya media digital.Sejumlah pemimpin redaksi media massa di Asia Pasifik hadir guna membagi pengalaman mereka dalam menghadapi berbagai kendala media cetak.

Begitulah keadaannya sekarang. Perlu diketahui bahwa setiap subjek dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi pastikan Anda mengikuti berita terbaru.

Tidak ada komentar: